Kursus Komputer Surabaya Sidoarjo Privat Ke Rumah WA-0857 300 68 723 . BBM.542A DDCB - Les Privat Komputer Guru Datang Ke Rumah Menerima Wilayah Surabaya dan Sidoarjo - dari www.owalahedu.net - owalah education - update januari 2016 FacebookGoogle Plus

Thursday, March 31, 2016

Perawatan LCD


Liquid Crystal Display (LCD) adalah sebuah perangkat optis yang dimodulasi secara elektronik. Alat ini berbentuk panel datar tipis yang tersusun atas sejumlah piksel warna atau monokrom yang diisi dengan kristal cair yang disusun didepan sumber cahaya atau reflektor.

Berbagai kelebihan layar LCD seperti bentuknya yang ramping dan penggunaan daya yang lebih kecil membuat layar LCD semakin banyak digunakan. Awalnya LCD lebih banyak digunakan pada handheld atau gadget dengan ukuran mini seperti laptop, handphone, ipod dll. Akan tetapi sekarang banyak orang yang sudah menggunakan monitor LCD sebagai ganti monitor tabung biasa, tidak terkecuali televisi yang ada di rumah.
LCD berbentuk tipis dan diperlukan perlakuan khusus untuk merawat LCD ini agar awet dan tahan lama. Dari postingan saya di Cek Kerusakan LCD Laptop,  ada beberapa kasus yang memang pengguna tidak menjaga LCD laptop mereka.
hal yang harus diperhatikan:
  • Gunakan kapas atau kain lap kering yang lembut saat membersihkan.
  • Pada saat membersihkan, jangan menekan layar LCD terlalu keras.
  • Bersihkan layar dalam satu arah, misalnya dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.
  • Untuk membersihkan noda yang terlanjur melekat, gunakan cairan pembersih LCD yang banyak tersedia di toko-toko elektronik atau supermarket.
  • Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan plastik anti gores sebagai perlindungan layar LCD.
hal yang harus dihindari:
  • Hindarkan layar tersebut dari goresan dengan tidak menyentuh layar secara langsung dengan tangan atau benda-benda keras (di sinilah kegunaan plastik anti gores).
  • Lepaskan sambungan listrik dan tutuplah LCD bila lama tidak dipakai. Sebaiknya menutup LCD saat keadaan LCD sudah dingin.
  • Sering-sering membersihkan layar LCD agar debu dan kotoran yang menempel tidak sampai lengket.
Terima kasih…

0 comments:

Post a Comment